Tugas pokok guru pembimbing
pengumpulan data siswa, memberikan layanan informasi,konseling perorangan, konseling kelompok, bimbingan karir, layanan penempatan, konsultasi dengan personil sekolah lainnya,
tindak lanjut
Tugas pokok guru pembimbing di sekolah:
(1)menyusun program bimbingan, yaitu rencana pelayanan BK dalam bidang bimbingan pribadi, belajar, sosial, dan karir
(2) melaksanakan program bimbingan, yaitu melaksanakan fungsi pelayanan pemahaman,
pencegahan, pemeliharaan, dan pengembangan (pada BK Plus ditambah dengan fungsi advokasi)
dalam setiap bidang pelayanan;
(3) Evaluasi pelayanan BK;
(4) Analisis hasil evaluasi,
mengenal siswa dengan berbagai karakteristiknya, konseling perorangan,
bimbingan dan konseling kelompok, melaksanakan bimbingan karir termasuk
informasi pendidikan dan karir, penempatan, tindak lanjut dan penilaian,
konsultasi dengan guru, semua personil sekolah, orang tua, siswa,
kelompok dan masyarakat.
KBK berorientasi kepada: 1) hasil dan dampak yang diharapkan muncul pada diri peserta didik melalui serangkaian pengalaman belajar yang bermakna, dan 2) keberagaman kondisi individu yang dimanifestasikan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya. Peran guru pembimbing pada kedua orientasi KBK tentunya sangat besar, seperti pada butir pertama, membantu peserta
didik memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan memetik manfaatnya, butir kedua melaksankan fungsi pemahaman dan penyaluran sehingga keberagaman peserta didik dapat dilayani. Pemahaman tentang peserta didik bukan hanay oleh peserta didik tetapi juga oleh guru, orang tua dan pihak lain yang membutuhkan.
Arah kegiatan BK: pemenuhan tugas-tugas perkembangan peserta didik dan pengenalan diri, lingkungan, pengembangan diri, dan pengembangan arah karir. Pemenuhan tugas perkembangan peserta didik terkait dengan pengenalan dan pemahaman tugas perkembangannya pada setiap jenis dan jenjang pendidikan.
Tugas-tugas Perkembangan Siswa Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah
dan Sederajat:
1. Menanamkan dan mengembangkan kebiasaan dan sikap dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
3. Mengembangkan konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari.
4. Belajar bergaul dan bekerja dengan kelompok sebaya.
5. Belajar menjadi pribadi yang mandiri.
6. Mempelajari keterampilan fisik sederhana yang diperlukan baik untuk permainan maupun
kehidupan.
7. Mengembangkan kata hati, moral dan nilai-nilai sebagai pedoman perilaku.
8. Membina hidup sehat, untuk diri sendiri dan lingkungan serta keindahan. .
9. Belajar memahami diri sendiri dan orang lain sesuai jenis kelaminnya dan menjalankan
peran tanpa membedakan jenis kelamin.
10. Mengembangkan sikap terhadap kelompok, lembaga sosial, serta tanah air, bangsa dan negara.
11. Mengembangkan pemahaman dan sikap awal untuk perencanaan masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar