Sabtu, 28 Desember 2013

Inilah Harapan Duniaku

Sangat berkesan... sangat berharga dan inspiratif untuk hidup saya menuju lebih tua...

Dari sekian banyak guru yang saya jumpai,, hanya beliau yang masuk di hati
Mereka dekat dengan saya, masih satu sanad (keluarga)...

bahasa mereka simpel, tapi jika saya renungkan memiliki arti yang dalam...
Sengaja saya tuliskan di catatan ini, untuk mengingatkan saya ketika lupa.

Guru Tajwid tebaik yang saya temukan, beliau adalah K. H. 'Aonillah,,,
Beliau seorang yang tidak dapat melihat (mohon maaf bukan bermaksud apa-apa), dari adik beliau sekaligus nenek saya mengatakan beliu tidak melihat ketika usianya 3 tahun,,, sekarang usia beliau sudah lebih dari 75 tahun.  tapi suhanalloh walhamdulillah, meskipun ketika kecil tidak bisa melihat beliau bisa hafal al-qur'an, tempat juz, mengetahui setiap waqof (baik jaiz, mutlaq, atau washol), mengetahui setiap ruku (biasanya ditandai dengan huruf 'ain). di usianya yang sudah terbilang udzur beliau masih sanggup berjalan tanpa tongkat, beliau berjalan tanpa di papah meskipun tidak bisa melihat, begitu banyak rasa takjub pada belaiu, darimana bisa tahu jalan sedangkan mata gelap? keluarbiasaannya yang lain beliau hafal halaman setiap santri ketika mengaji alqur'an, beliau hafal semua nama santri yang mengaji bersamanya hanya cukup satu kali menyebutkan nama. Selain itu beliau berwudhu sendiri, mandipun sendiri,,, masya alloh...
setiap sore ba'da ashar, ba'da maghrib dan ba'da subuh santri mengaji di sana termasuk saya.  khusus maghrib tyaitu belajar tajwid. Metode cara belajar yang sangat hebat bagi para santri yang ingin belajar tajwid, menurut saya dengan metode itu tidak perlu lama untuk bisa belajar tajwid bersama beliau. Ada satu penyesalan dari saya, selama terhitung kelas 4 SD sampai kelas 1 SMP mengaji di sana saya belum Khatam al-qur'an sekalipun bersama beliau. Dari beliau saya bisa membaca Al-qur'an, dari beliau mendapatkan arti ketawadu'an dan kehidupan. Inilah beberapa pesan beliau yang pernah terucap baik untuk saya atau untuk semua santrinya, meskipun memang bahasanya,, hehe:
1. Lamun hayang bisa ngaji jaga emameun, tong sagala dihakan. jauhkeun tina emameun anu henteu halal. ilmu teh cahaya, lamun awak urang geus kaasupan ku barang nu teu halal elmu hese asup. otak jadi belet! 
2. Sis, sia mah turunan ajengan. tong daek nurutan batur... bobogohan, ulin jeung awewe, era ku turunan sia mah...
3. Yeuh barudak, pangna abah bisa kieu,,, masing mata teu neuleu oge bisa hapal qur'an, hapal kitab sulam, sapinah, jurmiah kusabab abahmah baheula keur jadi santri peurih,,, abahmah keur ngora baheula peurih,,, senen kemis puasa,,, matang puluh,, ni-is,,, emam saaya-aya,,, peurih urang mah,, teu jiga maraneh, emam sagala di hakan,,, panyakit sagala aya,,, urangmah alhamdulillah sehat datang ayena oge.
4. Tong,,, lamun hayang bisa ngaji kudu rajin kudu sumanget. jeung deui kudu dilenyepan ari elmu teh.
5. Baheulamah nu ngarana sakola jeung ngaji teh nu di pentingkeun teh ngaji,,, ayeunamah wuuuh jauh,, sakola bae nu diheulakeun teh. ari ngaji mah jang urusan hirup jaganing akherat engke. sakola mah ngurus dunia.
6. Urangmah baheula teu boga naon-naon, urang pangna bisa boga sagala tina barokah qur'an urangmah, tina qur'an...
7. Baheulamah euweuh tipi, lalajo bola, pilem euweuh baheulamah, jadi barudk teh sarumanget kana ngaji teh,,, ayeunamh magrib lalajo tipi, peutingna lalajo maen bola, subuh teh kaberangan...
8. (kepulanan ke dua dari bandung, saya sempatkan silaturahmi), sis kahade, peupeujeuh kahade,, sabab di bandungmah loba sagala,,,, awalna rusak teh lolobana ti bandung, boh agamana atawa kalakuan, makana abahmah sing ati-ati,,, (beliau sambil menitikkan air mata).
9. di poe akhirmah rek kiamat barang nu pang halal-halalna nyaeta barang riba!

Ya Alloh berikanlah Rohman dan RohimMu pada beliau.... Panjangkanlah umurnya, panjangkanlah umurnya, panjangkanlah umurnya yaa Rob,,,  sehatkan badannya,,,, dan berilah kesempatan pada saya untuk mengkhatamkan Qur'an dengannya,,, Aamiin.

Satu hal lagi, dikala saya sakit waktu itu terserang tifus, 1 bulan lamanya tidak mengaji dan tidak sekolah,,, setiap malam beliau selalu menanyakan kabar saya kepada istrinya, kurang lebih di pekan ke dua beliau menjengukku,,, masya alloh, seorang guru tak sungkan menjenguk muridnya,,, subhanalloh,,, betapa hati sangat senang, beliau kala itu yang saya rasakan adalah mengelus kaki, cepet sembuh,,, dan beliau tak sungkan mengatakan 'abah kaleungitan' bisik istrinya...
mungkin beliau begitu sayang pada saya atau apa, entahlah... di bulan ini sebelum saya pulang sering bermimpi bertemu dengan beliau, sering bermimpi berada di tajug (mushola) beliau...
Sungguh besar jasamu wahai guruku,,, semoga saya bisa kembali mengaji bersama beliau, terutama khatam qur'an bersama beliau,,,
aku tahu, cita-cita beliau adalah anak cucunya harus 'mesantren' dari pada kuliah,,, Insya Alloh semoga cita-cita abah dapat saya laksanakan,,,, sedih rasanya mengenang masa-masa itu...

abah... saya rindu berada di sampingmu,,,, mengaji bersamamu,,,, memberi tahu ayat yang lupa ketika engkau lupa (muroja'ah) merupakan suatu kehormatan bagiku,,, membantumu ketika mengaji tajwid adalah kehormatan bagiku,,, terimakasih yaa robb,,, terima kasih abah,,,,  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar